Woman

547edd08226a5c71e3f0d59199b60310

Hari ini gue gak masuk kantor. Penyakit bulanan dateng lagi, kali ini sakitnya di luar kebiasaan sampe bikin tangan dan kaki gemeteran, keringet dingin dan sakit kepala. Kalau  lagi kayak gini rasanya gak suka banget jadi perempuan. Di tengah sakit yang menusuk-nusuk ini terus kepikiran deh nantinya bakal ada yang lebih sakit lagi: melahirkan.

Gak tau sejak kapan, gue agak serem dan takut kalau ngebayangin suatu saat nanti bakal melahirkan. Kalau diinget-inget perasaan ini kayaknya muncul sekita 4 tahun lalu, waktu salah seorang temen kantor nunjukin video proses kelahiran anaknya. Oh God, it was really excruciating! Semenjak itu setiap ngebayangin lahiran langsung ngilu banget rasanya, ew! Belom lagi ditambah cerita-cerita orang yang katanya harus di suntik apa gitu yang bakal bikin mules berkali-kali lipat biar anaknya bisa cepat lahir.

Setelah melahirkan, ada lagi yang katanya bakal lebih menyakitkan: menyusui. Kata Nyokap, netein anak gak kalah sakit dari melahirkan. Katanya, payudara bakal nyeri, puting bakal iritasi dan lecet untuk jangka waktu yang lama. Belom lagi ditambah kurangnya istirahat mengurus bayi dan keluarga siang dan malam.

Jadi perempuan emang berat. Apalagi di masa kini, dimana banyak perempuan juga dituntut memiliki pekerjaan dan karir yang cemerlang untuk support keuangan keluarga. Coba bayangin, punya karir cemerlang sekaligus menjadi ibu dan istri yang baik susah banget, lho. Gue selalu kagum sama mereka yang bisa mengimbangi keduanya.

Dengan tugas yang seberat ini, gak jarang salah satunya jadi dikorbankan. Banyak banget kasus ‘jadi anak pembantu’ karena ibunya sibuk di kantor. Banyak juga yang akhirnya meninggalkan karirnya untuk konsentrasi mengurus keluarganya.

Yah, kalau diliat dari sudut pandang seperti ini, dunia kok kayanya gak adil ya. Kayaknya para lelaki gak gini-gini amat perjalanan hidupnya.

Kalau lagi sakit kayak gini, gue rasanya berharap dilahirkan jadi laki-laki aja. Gak usah ngerasain sakit tiap bulan, gak ngalamin PMS, gak melahirkan dan menyusui. Enak banget ya jadi laki…

(written while crouching in the corner of the sofa in the middle of excruciating period cramps)

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: