Gayaku Bukan Gayamu

5824d9661f8a340be3219617eed35773

Kemarin, saya bertemu dengan Wanda (25 tahun, penyiar radio) di suatu kafe. Seperti biasa, Wanda datang mengenakan kaos, celana pendek dan sendal jepit kebanggaannya. Wanda suka sekali pakai sendal jepit, tapi bukan sembarang sendal jepit. Sendal jepitnya selalu keluaran brand terkenal yang yang ada di mall-mall besar dengan harga selangit.

Fitri (26 tahun, sekretaris), pekerjaannya di sebuah perusahaan tambang menuntutnya untuk berpakaian modis setiap hari dengan high heels dan aksesoris menghiasi tubuhnya. Make up tak pernah lepas dari wajah cantiknya dan rambutnya selalu terurai bergelombang seperti baru keluar dari salon.

Saya jadi ingat, beberapa waktu yang lalu, untuk pertama kalinya saya mengunjungi sebuah festival mainan dan komik. Saya cukup kaget melihat banyaknya pengunjung yang datang dengan dandanan ala komik jepang, memakai wig warna-warni dan kostum superhero jepang idolanya. Setelah saya browsing di internet, ternyata Cosplay menjadi tradisi bagi mereka dalam acara seperti itu. Mereka adalah para penggemar film anime, game, komik manga, dan semua yang berbau Jepang.

Entah kita akui atau tidak, kita terus-menerus menyesuaikan penampilan kita untuk merasa menjadi bagian dari masyarakat. Seperti Fitri yang menjadi sangat fashionable karena tuntutan pekerjaan, bertolak belakang dengan Wanda yang sangat cuek atau para cosplayer yang merupakan bagian dari komunitas hobi mereka.

Tanpa kita sadari, fashion telah menjadi bagian dari gaya hidup kita, terutama bagi wanita. Pekerjaan, hobi, trend saat ini, lingkungan sosial, agama, media, dan banyak faktor lain tanpa kita sadari turut mempengaruhi gaya fashion kita. Because fashion is a form of expression. Be who you are with your own style!

Jadi, pakai baju apa hari ini?

[As published at HiFashion Magazine, April Edition]

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: