Tertawa itu Dera

Gue mau cerita nih. Tau kan temen gue yang namanya Dera? Dia itu teman satu kantor gue, anak artistik. Nih mukanya.

Cantik gak? hahahaha, btw dia belom punya pacar kok, jadi bagi yang mau daftar silakan.

Banyak orang yang bilang dia “freak” atau aneh. Bukan aneh yang ganggu, tapi dia seperti punya dunianya sendiri. Imajinasinya hebat banget. Kalau satu redaksi lagi ngobrol, dia suka melontarkan kata-kata yang out of the box. Salah satu contohnya, waktu lagi makan di KL Village, TV disitu muterin film I am Legend.

Gue : Semua filmnya Will Smith keren ya..

Cinta : Iya, tapi sepanjang film cuma nonton Will Smith sama anjingnya doang. Sampe abis nih begini.

Sejenak kami nonton filmnya sambil makan, lalu tiba-tiba Dera bersuara.

Dera : Gimana ya kalau tiba-tiba ada virus kayak gitu di Jakarta, terus kita lagi di kantor, gak bisa kemana-mana?

Gue : Kok lo tiba-tiba ngayal gitu sih?

Cinta : Iya, serem banget.

Dera : Iya, gue pernah ngebayangin tuh waktu sendirian di flat gue di KL. Kalau tiba-tiba ada virus kayak di film itu. Gue sendirian. Keluarga gue semuanya udah gak tau lagi masih hidup apa enggak. Gue bakalan kabur ke beranda, terus gue jongkok dan diem di situ sampe gue mati kelaparan.

Cinta : Kalau emang mati juga, kenapa gak lompat aja langsung mati, gak pake menderita dulu, hahahaha.

Dera : Iya juga ya, hahahaha, ngapain gue menderita. Pinter lo Cin. Nah, kalau di kantor gimana ya? Kita kan di lantai 19, ga bisa kemana-mana. Kemana ya, yang aman dari virus…

Gue : Di lift!

Dera : Gak bisa dong, kan berarti harus keluar ruangan dulu. Keburu mati. Pak Satpam sama Mba Tria (resepsionis) udah pada mati semua.

Gue : Keluar lewat Exit!

Dera : Gak bisa! Kan di luar udah virus semua!

Gue : Ya.. udah… di situ aja berarti, ga bisa kemana-mana.

Dera : Iya ya, mau kemana lagi kita…

Dera pun diam, seperti larut dalam pikirannya sendiri.

Dia juga suka senyum-senyum atau ketawa sendiri. Tapi seringnya hal-hal yang dia ketawain itu ga lucu. Waktu itu pernah lagi di dalam lift. Liftnya lumayan penuh. Tiba-tiba gue ngeliat dia senyum-senyum sendiri, kayak nahan ketawa.

Gue : Lo kenapa, Der? Serem banget lo ketawa sendiri.

Dera : Hehehehe, gapapa. Nanti gue kasitau.

Keluar dari lift Dera ketawa ngakak.

Gue : Kenapa sih lo?

Dera : Itu kayaknya bapak-bapak yang tadi kejebak di lift sama gue, hahahaha.

Gue : Hah? Kapan lo kejebak di lift?

Dera : Tadi pagi, tiba-tiba liftnya mati. Untung ga sendirian. Gue parno banget.

Gue : Terus lo gimana keluarnya??

Dera : Dibuka paksa sama satpam, ada kali 15 menit gue di dalam, akhirnya gue dikeluarin di lantai 8.

Dalam hati gue “ Terus apanya yang lucu, Der?!”

Awalnya sih gue menganggap anak ini aneh banget. Freak. Mungkin lo juga bakal bilang gitu kalau ketemu sama dia. Tapi lama-lama gue kagum juga sama dia. Lebih tepatnya sama khayalannya. Dia juga hobi ngayal tentang orang-orang di sekitarnya.

Dera : Kayaknya lo cocok deh Doy kerja di Wikileaks.

Gue : Wahahahha, Kenapa?

Gue ngakak dengernya. Waktu itu emang lagi heboh kasus Julian Assange, pemimpin Wikileaks tertangkap. Gak ada angin gak ada ujan tau-tau dia ngoceh gitu.

Dera : Gaya lo tuh udah cocok banget Doy! Kan reporter kerjanya nyari berita tuh. Apalagi lo orangnya kepo kan. Wah keren banget tuh Doy! Ntar lo tau duluan kalo di Jakarta mau ada bom. Yang paling pertama lo kasih tau kita ya, hahahaha.

Gue : Hahaha asik juga ya kerjanya. Tapi kan gue gak ngerti nge-hack.

Dera : Oiya, bener juga ya. Tapi hati-hati ya Doy, ntar lo ditangkep sama CIA. Jangan deh jangan.

Gue : ….

Yang saya suka dari si Dera ini adalah orangnya jujur dan lugu. Pernah waktu di mobil berempat, gue dan Fitry ngajakin ke Mellys. Si Dera ini bukan peminum, apalagi perokok. Dia anaknya lugu deh.

Gue : Der, lo minum deh dikit aja.”

Dera : Ga ah, kalo mau ke Mellys sih gue ikut aja tapi gue ga minum.

Gue : Yah, payah ah. Lo udah pernah mabok belom sih?

Dera : Hmm, belom sih. Tapi gue pernah minum sekaleng langsung pusing Doy.

Gue : Aahh, ga asik nih. Lo mabok deh sekali aja.

Dera : Ga ah! Kok lo gitu sih.

Gue : Bodo amat! Pokonya sebelum umur lo 25 tahun gue musti liat lo mabok der! Udah Fit kita ke Mellys aja, gue mau cekokin Dera sampai mabok.

Fitry : Eh serius nih? Fitry sampai menepikan mobilnya karena kita ribut mau kemana.

Dera : Ya udah! Tapi entar lo gendong gue sampe depan pintu apartemen gue, terus lo yang jelasin kalau nyokap nanya gue kenapa, hahahaha.

Gue : Hahahaha, enak aja!

Apa yang terlintas di kepalanya langsung diomongin aja gitu. Terus, lo perhatiin gak, setiap pembicaraan sama dia itu pasti ada hahahaha-nya, alias ketawa. Nah, si Dera ini sering banget bikin gue ketawa ngakak. Apalagi kalau lagi ribet sama kerjaan. Pusing, stres, galau bisa ilang sekejap dengerin kalau ngobrol sama dia. Sekejap doang sih, tapi itu bisa jadi hiburan banget buat orang lain. Terima kasih ya Dera, sudah membuat saya tertawa, hahahahahaha.

Leave a Reply

